Thursday, April 24, 2014

Review: Community Season 5 (2014)


Awalnya saya tidak tahu tentang serial televisi satu ini sampai salah satu teman saya merekomendasikan untuk menonton season perdananya. Setelah menyaksikan season pertamanya, saya langsung ketagihan dengan serial yang membahas tentang sekumpulan orang yang tergabung dalam sebuah grup belajar di sebuah community college sampai menyentuh musim kelimanya tahun ini.


Di musim kelimanya ini, Jeff Winger dikisahkan telah lulus dari Greendale karena telah menempuh semester tambahan dan meninggalkan grup belajarnya dibelakang yang harus melanjutkan semester akhir mereka di Greendale. Namun hal ini tak membuat meninggalkan teman-temannya begitu saja. Jeff yang kini secara sah telah menjadi pengacara, dipekerjakan oleh Dean untuk mengajar di Greendale dan menyelamatkan Greendale dari jajaran dewan direksi universitas yang berniat menjual Greendale.


Community sebenarnya tidak mempunyai harapan cerah semenjak kepergian sang penulis utama, Dan Harmon yang mempunyai konflik internal dengan salah satu aktor utamanya, Chevy Chase. Dampaknya langsung terlihat dari musim ke musim Community mengalami penurunan dalam hal kualitas dan jumlah penonton. Hal ini lah yang membuat para produser memanggil kembali Dan Harmon dan memaksa karakter yang dimainkan Chevy Chase, Pierce Hawthorne harus dimatikan diseason ini.


Kembalinya Dan Harmon season ini menjadi sebuah kabar yang membahagiakan para penggemarnya. Community kembali kejalur mereka sebagai komedi khas mahasiswa yang begitu memikat lewat cerita dan karakter-karakter mereka yang unik. Bisa jadi musim ini adalah musim kebangkitan Community untuk melanjutkan tagline dari Abed, 'Six seasons and a Movie.'


Musim ini juga kita dapat melihat perkembangan karakternya terutama Jeff Winger yang mulai menemukan jatidirinya. Setelah lulus kini Jeff menjadi pembimbing teman-temannya agar tetep kompak sepeniggal kelulusannya. Britta, Annie, Shirley, dan Abed tetap menjadi karakter yang disayang.


Sementara Troy Barnes yang diperankan oleh Donald Glover harus meninggalkan serial yang telah membesarkan namanya di episode 4 yang paling emosional musim ini. Cekcok antara Dan Harmon dan Chevy Chase pun tidak membutakan Dan untuk menuliskan kisah yang pantas untuk perpisahan karakter Pierce. Untuk mengisi kekosongan dipanggil lah jebolan Breaking Bad, Jonathan Banks dan John Oliver, yang sempat main di musim pertama. Walaupun harus diakui mereka masih butuh waktu untuk menghadirkan chemistry yang sudah terbangun sejak 6 tahun yang lalu.


Dengan kembalinnya Dan Harmon saya berharap musim depan yang terhitung sebagai musim keenam akan mengembalikan signature sequence Community di musim-musim sebelumnya seperti pillow fight, paintball war tanpa mengesampingkan bobot cerita disetiap episodenya. #sixseasonsandamovie.


(picture source: Nbc.com/community)

No comments:

Post a Comment