Friday, December 27, 2013

Review: Fruitvale Station (2013)


Oscar Grant adalah seorang mantan narapidana atas tindakannya sebagai penyelundup narkoba pada 2007.  Setelah 16 bulan menjalani masa hukumannya, dia berniat untuk menjadi pribadi yang lebih baik untuk ibunya, istrinya Sophina, dan anaknya yang masih berusia 4 tahun Tatiana. Pada penghujung 2008 Oscar berniat mengajak istrinya pergi ke San Francisco untuk merayakan malam tahun baru bersama teman-temannya tanpa mengetahui apa yang akan terjadi kepadanya dan pengaruhnya kepada orang-orang disekitarnya.

"You think you're fast, huh? Faster than daddy?" Oscar Grant

Ini adalah film pertama sutradara debutan Ryan Coogler yang juga merangkap sebagai screenwriter disini. Tidak tanggung-tanggung untuk film awalnya dia berani mengangkat tema provokatif yang sempat membuat Amerika Serikat terguncang hebat pada awal tahun 2009 lalu. Iya film ini adalah berdasarkan kisah nyata tentang insiden yang terjadi tepatnya di Fruitvale BART Station, Oakland, California. Dan sebagai karya pertamanya, arahan dari Ryan Coogler ini mampu menyabet 28 dari 40 penghargaan yang mencantumkan Fruitvale Station dalam nominasinya.

Daripada harus melakukan reka ulang seluruh peristiwa yang terjadi, Ryan Coogler membawa anda ke sosok Oscar Grant, yang diperankan dengan sangat matang oleh Michael B Jordan, di hari- hari sebelum peritiwa yang bisa anda saksikan di channel-channel Youtube atau artikel-artikel media Amerika Serikat itu terjadi. Seorang bapak yang ingin memperbaiki hidupnya setelah segala aktivitas- aktivitas kriminal yang dijalaninya.

"You know what baby? Those are just firecrackers." Oscar Grant

Setelah sebelumnya berhasil membawakan karakter dengan kekuatan supranatural dalam Chronicle, kini Michael B Jordan mencuri hati anda dengan caranya sendiri. Oscar Grant mungkin bukan karakter yang lovable yang dapat dengan mudahnya anda puja-puji menilik latar belakangnya yang pernah dijebloskan kepenjara. Tapi saya berani bertaruh, selepas credit scene muncul anda akan kesulitan melepas rasa simpati anda untuknya. Memang sekuat itu lah performa Michael B Jordan dalam film ini.


Dilengkapi dengan beberapa footage-footage peristiwa aslinya, Fruitvale Station akan membuat anda merenung tentang apa-apa yang telah dan belum anda perbuat sebelum semuanya anda terlambat sesali. Dan tidak segan-segan membuat anda menitikkan air mata di penghujung tahun yang akan segera habis dalam 4 hari kedepan dengan wajah seorang Tatiana yang tertunduk itu. 

"Happy new year, bruh." Oscar Grant

No comments:

Post a Comment