Tuesday, December 24, 2013

Review: The Spectacular Now (2013)


Sheilane Woodley baru-baru ini digadang-gadang sebagai aktris yang akan bersinar tahun depan lewat film adaptasi novel young adult yang juga digadang-gadang sebagai pesaing saga The Hunger Games yaitu Divergent. Tapi 2 tahun lalu, Shelaine Woodley sudah berhasil membuat saya tertarik lewat penampilan memikatnya sebagai gadis ABG broken dalam The Descendants. Kali ini dia muncul kembali dalam sebuah film budget kecil, The Spectacular Now bekerjasama dengan 2 screenwriter, Scott Neustadter dan Michael Weber yang berhasil membuat romansa patah hati (500) Days of Summer 4 tahun lalu.

Sutter Kelly adalah pemuda populer di lingkungan sekolahnya. Berpasangan dengan Cassidy mereka berdua adalah pasangan panutan di sekolahnya. Ketika tiba-tiba mereka memutuskan hubungan karena masalah sepele disitulah kemudian Sutter bertemu dengan Aimee gadis baik-baik, comic geek, pemalu, dan seorang murid cerdas. Dan tanpa diduga-duga Sutter perlahan-lahan jatuh hati kepadanya.



"Thank you for that vote of confidence, beautiful. You are a very understanding woman, in everything but love. Arrivederci. Fuck you." Sutter

Jangan mudah tertipu dengan poster dan sinopsisnya yang mengesankan ini akan menjadi sebuah teen romance klise seperti film kebanyakan. Karena didalamnya ada sebuah studi karakter Sutter Keely yang diperankan dengan sangat baik oleh Miles Teller.


Iya, ketika semua mata kita tertuju pada Sheilane Woodley, tapi highlight sebenarnya adalah pada Miles Teller. Karakter yang diperankannya adalah tipe-tipe pelajar saat ini. Murid yang sedang berada dalam jalur kegagalan dibidang akademis, susah move on terhadap mantannya, seorang anak yang sudah terpisah lama oleh ayahnya, serta belum siap menghadapi dunia dewasa seandainya pun nanti dia akan lulus.



"Go slow, go slow, go really slow." Aimee

Meskipun begitu tidak menutup pemeran-pemeran pendukungnya untuk turut berkontribusi pada film dengan durasi 95 menit ini. Shelaine Woodley jelas memainkan porsinya dengan pas sebagai supporter terbesar karakter Sutter sebagai pasangan maupun problem solver dalam menghadapi semu permasalahannya. Kemudian ada kemunculan Mary Elizabeth Winstead dan Kyle Chandler masing-masing berperan sebagai kakak perempuan dan ayah Sutter, yang meskipun hanya sebentar berhasil memberi pengaruh pada perkembangan karakter Sutter.


Jika film-film lain memilih kisah cinta sebagai jualan utamanya, The Spectacular Now memilih cinta sebagai wadah mediasi seorang Sutter memproses semua masalahnya untuk menjadi manusia yang lebih baik dan siap menghadapi dunia dewasa yang ditakutkannya. Dengan turning point pada pertengahan film yang menusuk itu, serta adegan penutup yang memang pas ditutup seperti itu maka jadilah The Spectacular Now adalah salah satu yang terbaik tahun ini.

"It's fine to just 'live in the now'. But the best part about 'now' is there's another one tomorrow." Sutter


3 comments:

  1. Belum liat yg ini. Tapi salam kenal aja, bro. Mohon izin blog ini saya taut kan ke blog saya ya, berharap begitu juga sebaliknya, he he he. wismacinema.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. tautkan dengan senang hati. Sheilnae Woodleynya sedap ditonton haha

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete