Wednesday, February 12, 2014

Review: The Lookout (2007)


Jauh sebelum Joseph Gordon-Levitt dikenal banyak orang lewat (500) Days of Summer, JGL telah terlibat dalam sebuah film noir kecil berjudul The Lookout. Jika anda menemukannya sebenarnya didalam film ini ada nama-nama beken seperti Jeff Daniels, Matthew Goode dan Isla Fischer.  Namun jarang yang menegetahui keberadaan film rilisan tahun 2007 ini.

"I wake up. Turn off the alarm. I look outside so that i know what to wear. I take a shower with a soap. And then i shave." Chris Pratt

Chris Pratt adalah seorang atlet hoki es yang harus berhenti bermain akibat kecelakaan hebat yang dialaminya bersama sang pacar pada satu malam. Kini di hidup seapartemen dengan rekannya Lewis yang buta dan harus melanjutkan hidupnya dengan bekerja sebagai tukang jaga malam di sebuah bank. Suatu hari ketika Chris sedang berada di sebuah pub, dia bertemu dengan Gary Spargo yang ternyata punya rencana besar. Gary ingin merekrut Chris dalam upayanya untuk membobol bank tempat Chris bekerja.

Scott Frank selaku sutradara dan screenwriter berhasil membawakan sebuah sajian drama kriminal yang tidak hanya menawarkan perampokan seperti genre crime lainnya melainkan juga mendakati setiap karakternya secara personal. 1 jam 28 menit berhasil disampaikannya lewat pengenalan tokoh Chris yang diperankan oleh JGL yang pelan-pelan berusaha move on dari apa yang menimpanya, pertentangan batin antara hubungan dengan ayahnya dan ajakan Gary. Semuanya digambarkan secara pas oleh Scott.

"You get stoned? With somebody wearing perfume? Were you with a lady tonight? Son of a bitch, you got laid. You dog." Lewis

Biasanya ketika karakter utama punya rekan yang lebih tua darinya maka rekannya ini adalah sosok yang wise. Untung saja Scott tidak memperlakukan karakter Lewis yang dan dibawakan sangat meyakinkan oleh Jeff Daniels. Karakter Lewis yang buta ini tidak kelewat bijak malahan terkesan nyeleneh dan kocak lewat kalimat-kalimat yang dikeluarkannya setiap kali kemunculannya. Matthew Goode yang oke memerankan Gary yang awalnya seorang petani ini. Sedangkan Isla Fischer seperti hanya tempelan belaka karena Scott tidak memberikan subplot yang layak untuk perkembangan karakternya dengan Chris.


The Lookout seperti menyampaikan sebuah pesan kepada penontonnya bahwa bangkit dari sebuah musibah yang sampai mengubah hidup anda tidak selalu mengarah kepada hal-hal negatif. Jauh didalam hati anda masih ada hati nurani yang mengatakan kepada anda sebaliknya. Semuanya terkomunikasi dengan baik lewat karakter Chriss yang mengidap short-term memory loss ini.

"Whoever has the money, has the power." Gary Spargo

No comments:

Post a Comment