Saturday, January 25, 2014

Review: American Hustle (2013)


ABSCAM merupakan Sting Operation pertama yang dilakukan pihak FBI pada tahun 1978. Bagi anda yang belum tahu mengenai Sting Operation adalah operasi tipuan untuk menjebak pelaku tindakan kriminal. Pada umumnya operasi ini melibatakan aparat kepolisian atau orang yang alih dalam bidangnya kemudian disamarkan identitasnya untuk memancing target utama operasi tersebut agar memperoleh bukti atas tindakan ilegal target tersebut. Tema inilah yang coba diangkat oleh sineas David O. Russel yang tahun lalu sempat mencuri perhatian juri Oscar melalui Silver Linings Playbook.

Irving Rosenfield dan Sydney Prosser adalah sepasang kekasih (tepatnya sselingkuhan) dengan pekerjaan sebagai conman. Dapat dikatakan mereka adalah yang terbaik dalam bidang mereka, khususnya untuk benda-benda seni curian. Hal ini tercium oleh seorang agen FBI bernama Richie DiMaso yang kemudian menjebloskan mereka kedalam penjara kecuali mereka setuju untuk bergabung dalam Sting Operation untuk mengungkap tindakan penerimaan suap yang melibatkan orang paling berkuasa di New Jersey, Carmine Polito. Ketika akan melakukan operasi tersebut tanpa diduga-duga istri dari Irving, Rosalyn Rosenfield muncul ke permukaan dengan ledakan-ledakannya yang siap menggagalkan seluruh operasi.

"I felt like we had a secret, just the two of us. Like that thing where you just wanna be with one person all the time. You feel like the two of you get something no one else gets." Irving Rosenfield

Kecuali Jeremy Renner, American Hustle adalah ajang reuni bagi 4 pemeran utamanya dengan David O. Russel. Christian Bale dan Amy Adams yang bekerjasama dalam The Fighter. Bradley Cooper dan Jennifer Lawrence dalam Silver Linings Playbook. Entah kebetulan atau tidak atas pemilihan cast-cast tersebut, American Hustle menjadi sebuah drama intrik korupsi yang sangat menggelikan dengan rambut-rambut konyol ala tahun 70an dan belahan dada dimana serta chemistry hebat diatara 5 pemain utamanya yang kemudian dibagi perannya dengan adil oleh David O. Russel. Jadi tidak ada yang benaar-benar bersinar disini.

Christian Bale tidak perlu diragukan lagi totalitas aktingnya, lihatlah sudah berpakali sejak menjadi psikopat di American Psycho sampai menjadi pria paruh baya super gendut dengan kebotakan yang hampir dialami orang-orang seusianya dalam film ini rela menaik-turunkan berat badannya sendiri atas nama profesionalitas. Meminjam kata-kata orang yang bersebelahan dengan saya dalam bioskop, "luar biasa Christian Bale ini". Amy Adams seakan melakukan blunder besar dalam karirnya ketika memerankan Lois Lane dalam Man of Steel tahun lalu, karena disini Amy Adams berhasil menjadi pasangan yang mempunyai hubungan merumitkan dengan Irving. Bradley Cooper sukses dengan peran agen FBI nya yang terus mengejar operasi ini sampai berhasil karena memang dia memiliki tujuan terselubung. Jeremy Renner pun tak ketinggalan menampilkan perannya sebagai Walikota New Jersey yang rela berbuat apapun mengatasnamakan demi kebaikan kota. Peran Rosalyn Rosenfield yang sengaja ditulis sendiri oleh David O. Russel dan harus diperankan oleh Jennifer Lawrence seakan terbayar dengan performanya sebagai istri Irving yang seksi serta penuh 'ledakan' itu.

"Yeah, i think the name of the operation is offensive. ABSCAM. Arab Scam? It's racist." Syeikh Abdullah

Kredit tersendiri untuk production designer nya, Michael Wilkinson yang sukses membangkitkan suasana era 70an melalui kostum yang dipakai para pemerannya lengkapa dengan model-model rambut jadul yang sukses membuat saya kegirangan. Belum ditambah dengan arahan musik Danny Elfman yang menghidupkan berbagai adegannya dengan tembang-tembang pada masa itu. American Hustle seakan membawa anda kembali ke masa-masa emas 70an yang mungkin anda sendiri belum lahir (termasuk saya).

American Hustle adalah harapan anda yang terpenuhi tentang tema con, anda akan diajak menebak siapa menipu siapa lengkap dengan chemistry ensemble cast yang luar biasa yang telah memenangkan Outstanding Performance by a Cast dalam ajang Screen Actor Guild yang dipresentasikan dengan sangat elegan, seelegan tembang Jeeps Blues pada adegan pembukanya.

"That's why I sent them over there, because I know they were gonna knock some sense into you, and you were going to come up with a plan to get us out of all this. So thank God for me." Rosalyn Rosenfield

No comments:

Post a Comment